Pengertian dan Jenis - Jenis Gancu / Cargo Hook

Cargo hook memang cukup akrab terlihat di kegiatan sehari-hari, terutama pada pengangkutan barang-barang berat.

Pengertian dan Jenis - Jenis Gancu / Cargo Hook
Jenis - Jenis Gancu  Cargo Hook

Alat yang juga kerap disebut gancu itu berguna mengaitkan beban agar lebih mudah dipindahkan. Namun, tahukah Anda bahwa ada berbagai jenis dengan kelebihannya masing-masing? Untuk lebih jelasnya, semua akan dibahas lengkap pada kali ini.

Apa Itu Gancu / Cargo Hook?

Beberapa orang mungkin masih agak sedikit asing dengan alat tersebut. Oleh karena itu, akan lebih baik jika pembahasan dimulai dari pengertian terlebih dahulu.

Pada dasarnya, hook adalah sebuah alat yang digunakan mengangkat beban. Prinsip kerjanya adalah seperti pengait lalu ditarik menggunakan peralatan khusus. Dengan demikian, benda berat akan lebih mudah diangkat.

Pada beberapa kasus, hook biasanya dilengkapi kait pengaman. Fungsi kait pengaman tersebut adalah agar menghindari wire rope lepas dari kaitan.

Meskipun dapat membantu mengangkat beban berat, kenyataannya gancu tidak menjamin selalu aman digunakan. Oleh karena itu, diperlukan keterampilan khusus ketika ingin mengoperasikannya. Jika sampai terjadi kesalahan, barang bisa jatuh lalu mengalami kerusakan.

Jenis - Jenis Cargo Hook

1. Gancu - Clevis Hook

Gancu - Clevis Hook
Gancu - Clevis Hook

Rangkaian alat ini disambungkan menggunakan rantai. Secara budget, jenis clevis memang cukup ekonomis dibandingkan lainnya.

Hal tersebut karena komponen penggunaannya tidak terlalu rumit seperti connecting link dan lain-lain. Sayangnya, tentu ada kekurangan yang mungkin akan sedikit mengganggu, yakni kurangnya fleksibilitas gerak karena pengait terhubung dengan rantai.

2. Gancu - Eye Hook

Gancu - Eye Hook
Gancu - Eye Hook

Tidak seperti sebelumnya, jenis Eye membutuhkan alat bantu bernama connecting link agar bisa digunakan secara maksimal. Salah satu keunggulan jenis ini adalah memiliki fleksibilitas gerak cukup tinggi.

Oleh karena itu, kebanyakan lebih memilih alat tersebut apabila membutuhkan banyak pergerakan. Namun, kekurangannya adalah bersifat permanen. Jadi, jika ada kerusakan, semua bagian juga harus diganti.

3. Gancu - Sling Hook

Gancu - Sling Hook

Model sling atau juga sering disebut safety latch adalah jenis pengaman yang dipasang selalu tertutup. Biasanya untuk membukanya perlu dilakukan secara manual ketika ingin melepaskan ataupun memasang beban.

Mengenai apakah itu sebuah kelebihan ataupun kekurangan, tentu saja semua tergantung dari kebutuhan. Namun, secara keamanan model ini sedikit lebih baik.

4. Gancu - Self-Locking Hook


Sesuai namanya, self locking akan otomatis menutup atau membuka ketika akan mengangkat sebuah beban. Hal tersebut bisa terjadi karena pada beberapa bagian tertentu sudah diterapkan sistem picu khusus.

Dibandingkan jenis sebelumnya, model ini memang sedikit menghemat tenaga karena tidak perlu membuka tutup secara manual.

5. Gancu - Grip latch Hook


Dibandingkan beberapa jenis lainnya, grip latch dinilai sebagai pengaman paling tahan lama dan kualitasnya sangat baik.

Hal tersebut karena alat ini sudah dibuat sesuai standar keamanan tertentu serta mengalami berbagai macam pengujian. Jadi, jika Anda sedang mencari pengait paling kuat serta tahan lama, grip latch bisa menjadi pilihan tepat.

6. Gancu - Swivel Hook


Alat Cargo Hook yang memungkinkan untuk berputar arah 3600. Adapun alat ini memiliki kategori tersendiri seperti positioning swivel hook dan true swivel hook with bearing.

Dengan kedua alat ini, maka pengguna dapat dengan mudah untuk memutar alat hook sampai dengan mencapai posisi yang cukup sejajar dan tepat sasaran ketika mengaitkannya dengan beban yang diangkat.

Itulah tadi beberapa jenis gancu yang perlu Anda ketahui. Ketika ingin memilih, jenis kebutuhan juga harus diperhatikan agar pembelian bisa tepat sasaran. Namun, di sisi lain pastikan penyedia hook tersebut sudah terpercaya serta berkualitas.

Salah satu rekomendasi untuk membelinya adalah AS Marine dengan nama websitenya asmarines.com. Selain hook, terdapat berbagai macam perlengkapan lainnya seperti rigging, webbing, shackle, life jacket, dan lain-lain.
Diberdayakan oleh Blogger.